Selasa, 07 Agustus 2012

Mengenal Lebih Jauh Recycle Bin

Icon Recycle BinAnda tentu sudah mengenal dengan gambar ikon ini. Tong sampah untuk memuat file yang sudah di delete. Setiap kali kita menghapus file tersebut tidak langsung hilang tapi disimpan dulu di folder ini, suatu saat kita ternyata masih memerlukan bisa kita ambil lagi dengan me-restore dan kembali ke tempat semula, jadi file yang kita hapus sebenarnya masih bisa diselamatkan. Namun perlu diingat bahwa kalau terlalu banyak file yang menyangkut di Recycle Bin tentu memakan kapasitas harddisk kita. Untuk mengatasi ini kita harus rajin rajin menghapus permanen isi Recycle Bin dengan memilih file yang memang benar benar tidak mungkin diperlukan atau jika sudah yakin ingin membersihkan total bisa dengan klik kanan ikon Recycle Bin dan pilih "Empty Recycle Bin".

Seluk beluk Recycle Bin. Klik untuk memperbesarKapasitas Recycle Bin bisa juga diperbesar dengan cara klik kanan icon Recycle Bin dan pilih Properties, pada tab Global kita tinggal geser level "Maximum size of Recycle Bin  (percent of each drive)" ke besaran yang kita inginkan.
Pada Tab ini kita bisa set juga "Display delete confirmation dialog" untuk mengaktifkan/tidak aktifkan tampilan konfirmasi penyimpanan ke Recycle Bin.

Kalaupun tidak mau repot membersihkan muatan Recycle Bin kita tinggal centang "Do not move files to the Recycle Bin. Remove files immediately when deleted", jadi saat kita delete file tampilannya akan seperti ini :

Hati hati dengan aktifnya fitur ini file yang terhapus benar benar hilang dan tak bisa lagi di restore karena tidak mampir di Recycle Bin. Tapi bagaimanapun tetap saja ada cara untuk mengembalikan file yang sudah di delete salah satunya dengan software Undelete TuneUp Utilities dan masih banyak lagi yang mungkin suatu saat akan kita bahas di blog ini.

Semoga bermanfaat.
 

another ways to knows Copyright © 2011 | Template design by O Pregador | Powered by Blogger Templates